20 June 2014

Udah Siap?
Udah lama gak ngeblog, dan kembali nulis setelah vakum ngeblog beberapa bulan. Oh my blog, maafkan majikan mu ini ya..

Beberapa postingan juga sengaja di hapus, biar lebih fresh aja. Mulai dari nol. Kata orang2 memulai dari nol itu indah. Lah, kayak mbak-mbak di pom bensin dong iya.. "dimulai dari nol iya, mas!".

Anyway, sepertinya ditulisan kali ini saya pengin agak serius nih. Akhir2 ini saya dapet banyak pelajaran hidup yg.. Katakanlah, berharga.

Oke, markitmul..

Entah kenapa, ada 1 hal yg sering muncul di pikiran saya di beberapa hari terakhir ini.

Kematian.

Bagi sebagian orang, kematian mungkin menjadi hal yg menyeramkan. Bahkan lebih menyeramkan dari cabe2an yg pake bedak tebel di malam minggu.

Jujur, ada 2 hal yg bikin saya scared sama kematian. Pertama, saya takut melewati proses menuju kematian. Kedua, karna saya merasa 'bekal' saya belum cukup untuk bisa sampai di tempat terbaik yg jadi peristirahatan terakhir nanti.

Tunggu dulu, kenapa saya seserius ini?

Jadi gini, hari rabu lalu secara mengejutkan saya dapet info di twitter teman bahwa bus yg membawa murid salah satu sekolah teman saya mengalami kecelakaan saat menuju destinasi terakhir dari rangkaian study tour yg di adakan sekolah tsb.

Sebenarnya peristiwa terjadi di selasa petang. Dan saya baru tau rabu sore. Agak telat. Awalnya saya gak mengira akan ada korban yg-nahas-nya hingga 9 orang meninggal. Terlebih ada 2 teman yg saya kenal--cukup akrab--sampai saat ini. 

Tapi saya gak 'menelan' mentah-mentah berita yg saya dapet dari tweet yg masih simpang siur tersebut. Berusaha cari info yg bisa diyakini kebenarannya. Dan.. God.. Saya hanya diam beberapa saat menatap layar handphone. Seperti gak percaya.

Teman yg lu kenal, yg sempat ngisi hidup lu, sekarang udah di panggil Tuhan. Berada di kehidupan yg lebih kekal. 

Seperti mimpi. Sekaligus tamparan keras buat saya dan juga anak muda yg lain. Selama ini saya menganggap kematian adalah topik yg sensitif untuk di bahas. Sesuatu yg 'ada' tapi seringkali terlupakan. Alasannya klise: "men, saya masih 17 tahun. Masa depan saya masih panjang! Belum kerja, belum nikah." Saya keliru. Dan perisitiwa ini bikin saya kembali sadar, saya ini lemah. Makhluk yg lemah. Kematian bisa dateng pada siapa aja. Gak pandang bulu. Ini semua pasti akan terjadi sama saya. Entah detik ini, besok, lusa, kapanpun.

Beberapa hari sebelumnya, hari jumat, saya masih sempat chat di bbm dengan teman yg jadi salah satu korban ini. Kebayang, gimana kagetnya dengar kabar kayak gitu saat lu sendiri sebelumnya masih sempat ngobrol sm dia

pict taken from google


Kesedihan. Kematian selalu ninggalin kesedihan. Ada yg langsung ikhlas menerima, ada yg mungkin menganggap ini terlalu cepat. Karna hal terbesar yg sulit di tinggalkan dari kehilangan seseorang adalah kenangannya. Saya mengerti.

Mendoakan. Cara terbaik mengikhlaskan seseorang yg telah meninggal ya mendoakan. Semua udah tertulis sesuai dengan takdirnya masing2. Gak ada yg bisa diubah. Life must go on. 

Saya berusaha memandang musibah dan membalikannya pada diri saya sendiri. Apa yg saya rasain kalo ada di posisi keluarga korban saat ini? Sedih, pasti. Kehilangan, udah jelas. Dan akan timbul pertanyaan: "kenapa harus dia? Kenapa secepat itu?" Tapi semua balik lg ke takdir. Kita, manusia gak bisa ngelawan takdir. Saya gak akan ada hari ini, nulis ini, kalo gak karena takdir. So, percaya mungkin opsi yg tepat. Percaya kalo Tuhan selalu punya rencana baik.

Saya berharap, keluarga korban di beri kekuatan, keikhlasan.

Semenjak berita kepergian teman saya itu, saya merasa kecil. Bukan apa apa. Bukan siapa siapa. Sejenak, Saya berpikir ulang, apa yg udah saya lakuin selama hidup ini? Ada yg bermanfaat gak? Siap gak kalo seandainya nyawa kita di ambil pada saat kita sendiri gak tau waktunya kapan? Saya harus berbuat sesuatu. Sesuatu yg seenggaknya ada manfaat buat orang di sekitar. Bahagiain orang tua, ngumpulin bekal buat kehidupan kedua nanti. Karna setiap satu demi satu tarikan napas, hari demi hari yg dilewatin adalah proses mendekat dengan kematian. Setidaknya, itu yg saya tau.

Seperti yg pernah dibilang imam al ghazali: hal yg paling dekat dengan kita ya.. kematian.

Kematian juga misteri. Gak ada yg tau kapan. Yg baik bisa duluan, bahkan mungkin yg gak baik juga bisa duluan. Tuhan punya kriteria penilaian sendiri. 

Tapi yg kita tau pasti, kematian bakalan datang. Dan dari sini timbul pertanyaan sederhana di benak saya:  udahsiap?

***
*ps: postingan ini especially untuk teman saya: Ajeng Narulita, Silvi Octaviani, beserta 7 korban kecelakaan yg lain. Semoga diberikan tempat yg terbaik dan amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT. Amin.

Currently a management student that has a keen intrerest in Entrepreneurship, Marketing and Education. I grew up by dint of volunteerism. I consider becoming a future marketing specialist and useful human being for society..

2 komentar:

  1. Semoga amalibadah mereka diterima sm Allah swt,.
    Betewe, ini ka david?Alumni sd 08 kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete

Terimakasih udah baca.
Silahkan tinggalkan komentar, bebas apa aja.
Yang penting baik dan tidak mengandung SARA.
Btw, SARA itu apa ya?

Any Idea To Share?

Contact Dapid
DAPID NURDIANSYAH
AVAILABLE UPON REQUEST
BOGOR, INDONESIA

Pages